Perusahaan ini Renovasi Kantor supaya Karyawannya Lebih Sehat
Interior

Perusahaan ini Renovasi Kantor supaya Karyawannya Lebih Sehat

27 December 2017 489

Tren ruang kantor konvensional yang terasa kaku dan membosankan kini sudah mulai ditinggalkan.

Sebaliknya, untuk mempertahankan kinerja karyawan, pemilik perusahaan didorong mengubah stigma tersebut.

Contohnya, ruang kerja bersama (coworking space) di Bangkok, Thailand berikut ini yang mungkin menjadi kantor dambaan bagi pekerja.

Baca Juga: Alasan Mengapa Jasa Desain Interior Kantor di Butuhkan

Studio kreatif Onion mengerjakan proyek renovasi kantor seluas 170 meter persegi tersebut untuk perusahaan IT.

Ruangan kerja yang nyaman dan bisa membuat karyawan lebih sehat

Perusahaan konsultan IT ini memiliki 60 karyawan yang biasanya bekerja di kantor klien untuk mengurus sistem komputer. Dengan kata lain, mereka hadir di kantor hanya saat menunggu klien atau proyek baru.

Artinya, pemilik perusahaan merasa tak harus mendesain meja kerja untuk staf individu karena semuanya bekerja dengan laptop mereka sendiri.

Mengingat mobilitas memainkan peran besar dalam bisnis intelijen, Onion menciptakan ruang kantor yang mengakomodasi pertemuan dengan klien, wawancara dengan karyawan baru, dan yang terpenting, mendorong sosialisasi.

Dalam hal desain, tim Onion memperhatikan pekerja kantoran di seluruh dunia yang banyak menderita masalah kesehatan karena postur tubuh di tempat kerja dan kurang olahraga.

Aksen didalam kantor yang sekaligus sebagai tempat olahraga

Oleh sebab itu, Onion memutuskan untuk menawarkan lingkungan yang lebih sehat memotivasi orang untuk mengubah gaya hidup mereka.

Onion memulai proyek ini dengan mengamati aktivitas fisik di taman umum di Bangkok dan menyadari bahwa mode peregangan lebih diminati daripada peralatan olahraga tertentu.

Dengan begitu, peralatan di dalam kantor harus lah sederhana, mudah dibangun dan pastinya menyenangkan.

Lebih lagi, peralatan ini diatur sesuai dengan areanya, mulai dari latihan yang mudah, yaitu finger walk, arm wheel, spinning chairs dan monkey bars.

Tabung besi yang tersambung terus menerus terlihat dominan di langit-langit kantor. Fungsinya sebagai pegangan tangan di pintu masuk kantor, struktur tempat duduk serta meja di tengah ruangan dan juga bar latihan di bagian belakang kantor.

Meja Besar Untuk Pertemuan

Untuk menunjukkan kontinuitas, Onion menggunakan pipa air dan listrik yang ada sebagai ornamen plafon kantor dan mengecatnya dengan warna putih.

Baca Juga: 3 Manfaat Dari Desain Interior Kantor yang Bagus

Meja pertemuan juga bisa ditransformasikan sebagai tenis meja, dengan wadah kontainer bola pingpong. Di sebelahnya terpasang papan nilai untuk mencatat permainan tenis meja.

Meja pertemuan sekaligus meja pinpong

Ketika lelah, karyawan juga bisa tidur siang di panggung yang ditinggikan dengan dipenuhi bantal, tepat berada di atas lemari arsip.

Tempat Tidur Diatas Rak Arsip

 

Sumber

Foto: designboom.com

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building