Gedung Putih Larang Penggunaan Ponsel Pribadi dari Kantor Presiden
News

Gedung Putih Larang Penggunaan Ponsel Pribadi dari Kantor Presiden

05 January 2018 337

Penggunaan ponsel pribadi di dalam kantor eksekutif Gedung Putih akan dilarang , begitu kata juru bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders hari Kamis (4/1/2018).

"Keamanan serta integritas sistem teknologi di Gedung Putih merupakan prioritas utama bagi pemerintahan Trump dan oleh karena itu mulai minggu depan penggunaan semua perangkat pribadi bagi para tamu dan juga staf tidak akan diizinkan lagi di West Wing," ucap Sanders.

Dalam sebuah pernyataan Sanders mengatakan "Staf dapat melakukan pekerjaan mereka menggunakan peralatan yang disediakan oleh pemerintah dan terus bekerja keras atas nama rakyat Amerika."

Keputusannya tersebut terkait keamanan, "bukan karena kebocoran," ujar Sanders. Associated Press mengutip Sanders mengatakan seluruh staf Gedung Putih dan juga para tamu bisa menyimpan telepon genggam mereka di pintu masuk Wing Barat.

Larangan tersebut diberlakukan oleh Kepala Staf Gedung Putih John Kelly, yang juga menyebutkan masalah keamanan tetapi juga memprioritaskan langkah pengamanan terhadap kebocoran informasi.

Sejak menjabat hampir setahun yang lalu, Presiden Donald Trump berulang kali mengecam kebocoran media dari timnya, tapi para pembantu pemerintahan Trump mengatakan larangan itu tidak terkait dengan kebocoran tersebut.

Pengumuman hari Kamis itu keluar sehari setelah perselisihan yang ramai diberitakan antara Trump dan mantan kepala ahli strategi Gedung Putih Steve Bannon, yang kabarnya membuat komentar meremehkan dan melontarkan tuduhan terhadap beberapa anggota keluarga Trump dalam buku yang akan terbit dan ditulis oleh Michael Wolff.

Wolff menghabiskan banyak waktu di Gedung Putih untuk mewawancarai Bannon dan Wakil Kepala Staf Katie Walsh untuk menerbitkan buku tersebut. Menurut kantor berita Axios, Wolff punya rekaman wawancara itu. Tidak diketahui apakah wawancara itu direkam dengan ponsel pribadi atau bukan.

Larangan tersebut dikeluarkan walaupun ada kekhawatiran di antara karyawan Gedung Putih bahwa mereka tidak akan bisa menggunakan ponsel pribadi mereka untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga pada saat dibutuhkan.

Badan Keamanan Nasional juga memperingatkan Gedung Putih dalam briefing rahasia bahwa penggunaan ponsel pribadi yang tidak tepat dapat menyebabkan anggota staf rentan terhadap peretasan oleh Cina, Rusia serta negara-negara lain. [voaindonesia/my/jm]

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building