Dampak Negatif Membawa Pekerjaan Kantor ke Rumah
Tips, Health & Lifestyle

Dampak Negatif Membawa Pekerjaan Kantor ke Rumah

01 March 2018 431

Pekerjaan kantor terkadang terpaksa harus dibawa ke rumah lantaran belum selesai. Jika sekali-dua kali mungkin masih dibilang wajar, namun jika terlalu sering bisa jadi masalah.

Namanya juga pekerjaan kantor, ya sudah seharusnya dikerjakan dan diselesaikan di kantor. Karena kantor memiliki lingkungan dan suasana yang mendukung untuk bekerja, lain halnya dengan rumah.

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Anda Harus Pulang Kantor Tepat Waktu

Bagi beberapa orang yang memang berniat bekerja dari rumah secara full-time, konsekuensinya sudah diperhitungkan. Mereka yang melakukannya pasti sudah ada kiat tertentu untuk menghadapi perbedaan suasana antara kantor dengan rumah. Sedangkan bagi Anda yang sejatinya ingin bekerja di kantor, bekerja di rumah adalah hal yang menggangu.

Berikut ini beberapa alasan mengapa pekerjaan kantor jangan sampai dibawa ke rumah:

1. Mengganggu waktu bersama keluarga

Setidaknya 10-12 jam sehari sudah habis untuk kerja dan perjalanan pulang-pergi ke tempat kerja. Masih mau ditambah beberapa jam kerja di rumah? Otomatis, waktu untuk keluarga pasti terganggu.

Waktu untuk keluarga harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Ini terutama bagi mereka yang kerja di kota besar seperti Jakarta, dimana waktu sangatlah berharga karena masih harus menghadapi kemacetan.

2. Stres karena otak tidak diberi kesempatan istirahat

Manusia bukanlah robot. Kalau robot, cukup tambah daya jika tenaganya habis. Sedangkan manusia perlu mengistirahatkan tubuh dan otak secara rutin.

Jika terus-menurus bawa pekerjaan ke rumah, sudah pasti akan stres karena otak tidak punya waktu untuk istirahat. Gangguan psikologis ini dapat menimbulkan beragam penyakit, seperti darah tinggi, jantung, hingga insomnia.

Itu belum termasuk perlunya mengistirahatkan tubuh. Manusia butuh istirahat untuk memulihkan tenaga setelah beraktivitas dan merileksasi pikiran.

3. Hasil pekerjaan kantor tidak maksimal

Anda akan menghadapi beragam gangguan saat bekerja di rumah. Baru buka laptop, anak mengajak bermain. Atau saat lagi fokus-fokusnya menghitung, ada kerabat berkunjung ke rumah, dan sebagainya.

4. Boros

Kerja di kantor jauh lebih efektif dan juga efisien karena didukung infrastruktur memadai dan gratis. Sedangkan jika membawa pekerjaan kantor ke rumah, siap-siap merogoh kantong pribadi untuk biaya kerja.

Contohnya untuk biaya listrik, internet, pulsa, membeli kertas, dan sebagainya. Semua itu tidak perlu Anda kawatirkan jika Anda menyelesaikan semua pekerjaan di kantor.

Baca Juga: 7 Tips Berkonsentrasi di Tengah Kebisingan Kantor

5. Komunikasi kerja terganggu

Ketika membawa pekerjaan kantor ke rumah, dengan begitu komunikasi langsung dengan atasan dan rekan kerja jadi terhalang. Meskipun bisa diatasi dengan telepon atau video call, namun komunikasi secara langsung tetap akan lebih baik untuk menghindari kesalahpahaman.

 

Sumber: liputan6.com

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building