Ciputra Grup Terus Lanjut Ekspansi di Perkantoran
Property

Ciputra Grup Terus Lanjut Ekspansi di Perkantoran

14 March 2018 309

Ciputra Group masih akan melakukan ekspansi perkantoran ke depan. Setiap pengembangan proyek mixed use atau kawasan terpadu, akan selalu dilengkapi dengan proyek perkantoran.

Budiarsa Sastrawinata, Direktur Utama Ciputra Residence mengatakan, konstribusi perkantoran ke grup Ciputra saat ini memang belum terlalu besar. Tetapi, pihaknya akan terus menambah portofolio kantor sesuai dengan potensi pasar yang ada. "Semua proyek mixed yang kami bangun akan terus dilengkapi dengan perkantoran," kata Budiarsa di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Saat ini, Ciputra Grup sudah memiliki proyek perkantoran di sejumlah lokasi seperti DBS Tower di Ciputra World Jakarta I, Tokopedia Tower di Ciputra World Jakarta II, Perkantoran di Ciputra International, Perkatoran di Ciputra World Surabaya, dan Citra Towers di Kemayoran Jakarta Pusat.

Salah satu proyek mixed use yang dikembangkan Ciputra Grup lewat Ciputra Residence di Batam yang diberi nama CitraPlaza Nagoya, rencananya juga kana dilengkapi dengan proyek perkantoran ke depan. Tetapi Budiarsa mengatakan, pengembangan kantor di proyek itu akan dilakukan jika pasarnya sudah ada. Sementara saat ini, korporasi masih akan fokus melakukan pengembangan apartemen di proyek tersebut.

CitraPlaza Batam adalah proyek mixed use yang akan dikembangkan dilahan seluas 6,3 hektare di kawasan Nagoya Batam. Nantinya disana akan dibangun sembilan tower apartemen, satu hotel, mall dan redevelopment pusat perbelanjaan eksisting. Total investasinya ditaksir mencapai Rp 5 triliun.

Perkantoran Ciputra yang telah beroperasi saat ini baru DBS Tower dan Tokopedia Tower. Sementara yang lain masih dalam proses pembangunan. Menurut Budiarsa, tingkat hunian perkantoran yang ada tersebut cukup bagus.

DBS Tower yang telah beroperasi sejak empat tahun lalu seluas 61.000 meter persegi dengan porsi strata title 25 persen dan selebihnya sewa dengan tingkat tingkat hunian mencapai 98 persen. Sedangkan Tokopedia Tower luas area bersih 63.000 meter persegi dimana separuhnya adalah dan sisanya akan disewakan. Sekitar 12.000 meter persegi dari area sewa sudah digunakan Tokopedia.

Sementara Citra Towers adalah proyek perkantoran strata tittle yang terdiri dari 2 tower dan dilengkapi dengan fasilitas retail. Proyek ini akan dibangun dilahan seluas 1,7 hektare di Kemayoran, Jakarta Pusat. Proyek ini dikembangkan oleh Ciputra Residence secara join operation bersama PT Pembina Sukses Utama.

Saat ini, Ciputra Residence baru mengembangkan tower pertama dengan fasilitas retailnya. Perkantoran yang diberi nama North Tower ini terdiri dari 28 lantai dengan luas area mencapai 43.000 meter persegi. Tiga lantai pertama dikembangkan dengan konsep creatif office (creo) dengan luas 15 meter persegi sampai 45 meter persegi yang menyasar perusahaan start-up dengan total 131 unit.

Sedangkan lantai selanjutnya dikembangkan dengan konsep konvensional dimana satu lantai terdiri dari 12 unit dengan luas bervariasi dari 105 meter persegi hingga 174 meter persegi. Sehingga total unit di North Tower ini mencapai 407 unit. " hingga saat ini sudah terjual 80 persen. " kata Budiarsa

Pembangunan tower Pertama Citra Towers telah memaasuki tahap topping off dan ditargetkan akan segera selesai, sehingga serah terima ke konsumen bisa dilakukan bulan Desember 2018. Saat ini, harga kantor ini dibanderol sekitar Rp 30 juta hingga Rp 35 juta per meter persegi.

Pengembangan tahap I Citra Towers diperkirakan akan menelan investasi Rp 1,1 triliun. Sementara nilai kapitalisasi seluruh proyek tersebut termasuk fasilitas ritelnya mencapai Rp 2,5 triliun.

Budiarsa optimistis, pasar perkantoran tahun 2018 ini masih akan tumbuh terutama pada kuartal III-2018. Menurutnya, kebutuhan akan perkantoran masih akan meningkat terutama di kawasan Kemayoran karena didukung oleh infrastruktur yang bagus.

 

Sumber: kontan.co.id

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building