WHO akan Tempati Kantor di Gedung Paling Tinggi Indonesia
Property

WHO akan Tempati Kantor di Gedung Paling Tinggi Indonesia

06 August 2018 95

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) akan menempati kantor baru mereka di gedung tertinggi di Indonesia, yakni Gama Tower September 2018 mendatang.

Dikcy Soetikno, Direktur Operasional Gama Land mengungkapkan hal tersebut secara khusus kepada Kompas.com, Jumat (20/7).

Menurut Dicky, penandatanganan perjanjian sewa menyewa antara Gama Land dengan WHO dilakukan pada bulan Juni lalu.

WHO akan menempati satu lantai seluas 1.500 meter persegi. Saat ini, mereka tengah melakukan persiapan dan fitting out.

"September, mereka mulai masuk," ucap Dicky.

Selain WHO, penyewa lainnya yang mengisi Gama Tower adalah jaringan operator coworking space asal Amerika bernama We Work.

Sama dengan WHO, We Work juga menempati satu lantai ruangan seluas 1.500 meter persegi. We Work menyewa ruang perkantoran di Gama Tower dengan harga transaksi Rp 275.000 per meter persegi.

"Nilai itu termasuk furnitur, tetapi di luar service charge," tambah Dicky.

Sementara harga sewa ruang perkantoran di Gama Tower secara umum, mencapai Rp 200.000 per meter persegi. Tidak sampai menyentuh angka pasar yang rata-rata Rp 300.000 per meter persegi.

Padahal tarif sewa rata-rata itu sudah mengalami penurunan sebesar 3 persen secara triwulanan.

Hal ini lantaran lemahnya permintaan pasar di satu sisi, namun di sisi lain jumlah pasokan ruang perkantoran baru justru melimpah.

Riset Jones Lang LaSalle (JLL) menyebutkan, tingkat hunian ruang perkantoran di kawasan CBD Jakarta per kuartal kedua 2018 hanya 77 persen.

Angka ini tidak mengalami kemajuan dibanding kuartal lalu, apalagi jika dibandingkan capaian tahun-tahun sebelumnya yang masih berada di kisaran 80 persen.

Dus, tingkat serapan hanya 77.000 meter persegi dari total suplai 141.000 meter persegi. Dan total suplai ini akan bertambah 1 juta meter persegi pada tahun-tahun mendatang.

Gama Tower sendiri adalah gedung paling tinggi di Indonesia yang menjulang hingga 285,5 meter dan terdiri dari 64 lantai.

Sebelumnya, Gama Tower dikenal juga sebagai Cemindo Tower atau Menara Rasuna, menempati lokasi di Jalan HR. Rasuna Said Kavling C22, Jakarta Selatan.

Rekor gedung tertinggi ini belum akan dipecahkan sampai 2019-2020 mendatang saat Indonesia One South dan North Tower selesai proses konstruksinya.

Selain perkantoran, Gama Tower berisi hotel bintang lima dengan brand The Westin Jakarta. Kinerja The Westin Jakarta, menurut Dicky, berada di angka 85 persen untuk tingkat hunian.

"Angka segitu untuk Senin hingga Jumat. Sementara saat week end masih bisa menyentuh angka 70 persen. Selain kamar, F and B-nya juga bagus. Tamu banyak dari luar kota," tutup Dicky.(Kompas.com)

  • Share

Download Now

Dapatkan Pemberitahuan Dari Kami

Cari Kantor Dengan Gedung