Kota-kota yang Dinobatkan sebagai Silicon Valley-nya Asia
International

Kota-kota yang Dinobatkan sebagai Silicon Valley-nya Asia

24 September 2018 151

Asia terus bersolek untuk menjadi pusat pergerakan arus teknologi. Beberapa kota di Asia diberi gelar sebagai calon Silicon Valley berikutnya.

Sillicon Valley sendiri adalah nama kawasan di San Francisco, Amerika Serikat, dimana di dalamnya banyak perusahaan teknologi raksasa berkantor, seperti Google, Facebook, Apple, Netflix, dan lainnya.

Laporan yang dibuat Colliers, mengungkapkan deretan kota besar di Asia yang bisa dijadikan 'markas' bagi perusahaan-perusahaan teknologi untuk berkembang.

Baca Juga : 5 Kantor Perusahaan Teknologi yang Keren

Laporan ini mencatat 16 kota yang dilihat dari 50 kriteria dan juga daftar kota-kota yang paling memungkinkan jadi pusat teknologi dalam waktu beberapa dekade mendatang.

Hasilnya, India dan China masing-masing menyumbang dua kotanya yang dapat dikatakan cocok untuk perusahaan teknologi di urutan lima besar.

Andrew Haskins, Colliers Asia Head of Research, mengatakan bahwa para peneliti sangat mempertimbangkan pertumbuhan dan ketersedian bakat, saat memperingkatkan kota, karena mendapatkan talenta adalah tantangan utama bagi perusahaan teknologi Asia.

Berikut ini kota yang dimaksud, seperti dikutip dari Business Insider, Minggu (23/9):

1. Bangalore

Memiliki talenta yang luas serta mendalam, membuat Bangalore jadi kota India yang paling berkembang dengan pesat. Penilaian ini dilihat dari persediaan ruang kantor berkualitas, harga sewa rendah, biaya karyawan rendah, dan begitu juga biaya sehari-hari.

Namun, ini tak berdampak baik pada kualitas dan juga infrastruktur akomodasi.

2. Singapura

Siapa yang tak mengenal singapura sebagai pusat teknologi di Asia. Negara kecil yang bersebelahan dengan Indonesia ini selalu menjadi pilihan bagi perusahaan global untuk membuka kantor cabang di sini.

Seperti di Bangalore, bakat di negara ini sangat mumpuni sehingga menjadi daya tarik utamanya, di samping itu pajak pribadi rendah, keamanan dan kualitas hidup yang tinggi membuat Singapura layak menjadi pilihan.

3. Shenzhen

Salah satu kota di China ini berjaya dalam kemampuan manufaktur, melimpahnya ruang kantor, ruang kerja yang fleksibel, dan biaya pekerja yang cukup moderat. Dan juga, lokasinya yang berada di teluk besar China membuat kota Shenzhen jadi menguntungkan.

4. Beijing

Sebagai ibu kota China, Beijing begitu kuat dalam bidang kecerdasan buatan dan tentu bakat disini sangat banyak. Meskipun sewa ruang kantor di kota Beijing adalah yang paling mahal di China.
Kota Beijing sangat layak untuk di jadikan lokasi kantor perusahaan-perusahaan teknologi lokal maupun international.

5. Hyderabad

Mungkin namanya masih terdengar asing dari sebagian orang awam jika dibanding New Delhi atau Bangalore. Tetapi, siapa nyanan kota Hyderabad memiliki kemampuan pertumbuhan tinggi dengan pajak serta biaya hidup yang rendah.

Lalu, apakah Jakarta termasuk? berdasarkan laporan yang di tulis Colliers, Jakarta menempati posisi  tiga dari bawah, bersama Taipei dan Chengdu.(detik.com) 

  • Share

Download Now

Dapatkan Pemberitahuan Dari Kami

Cari Kantor Dengan Gedung