Tips Membuat Review Tahunan Bagi Karyawan Kantor
Tips, Health & Lifestyle

Tips Membuat Review Tahunan Bagi Karyawan Kantor

03 December 2019 223

Bagi Anda yang bekerja di kantor, pada akhir tahun seperti ini biasanya Anda akan mendapat tugas membuat review tahunan. Pada saat review dikerjakan, Anda akan berhadapan dengan atasan. Oleh karena itu, harus dipastikan bahwa Anda sudah siap menghadap atasan untuk menjelaskan apa-apa saja yang terjadi selama setahun pada perusahaan.

Mengingat pentingnya review, berikut akan dijelaskan mengenai hal-hal penting yang harus Anda perhatikan saat mengisi review tahunan:

1. Matangkan persiapan

Pastikan bahwa Anda sudah siap untuk menerangkan hal-hal penting dalam review akhir tahun yang Anda buat. Untuk menyakinkan atasan dengan laporan pertanggungjawaban Anda, maka jangan gugup saat menyampaikannya. Kemudian, Anda juga harus menyiapkan data-data yang dibutuhkan saat membuat review.

Bawalah data-data tersebut dengan lengkap dan presentasikan dengan baik dan percaya diri.

2. Jujur

Jujurlah kepada atasan mengenai hasil pekerjaan, tunjukan sesuai dengan data yang ada. Dan juga tidak ada salahnya untuk jujur mengenai kendala apa yang menghambat pekerjaan, untuk diselesaikan dengan segera. Atasan Anda tentunya bisa memaklumi, jika hal yang disampaikan jujur dan bisa
diterima oleh logika.

Jangan terus-menerus memaksakan diri untuk menjadi sempurna di mata atasan, tetapi ceritakan juga permasalahan yang dihadapi terkait pekerjaan. Dengan begitu, atasan Anda bisa membantu dengan memberikan solusi atas masalah tersebut. Namun, perlu diperhatikan juga untuk tidak menyalahkan pekerja lain yang berhubungan dengan masalah tersebut.

3. Ajukan pelatihan

Saat review, Anda juga bisa untuk mengajukan diri agar bisa mengikuti pelatihan. Hal ini tentu bisa berdampak baik terhadap perusahaan, mengingat hasil pelatihan yang nantinya Anda dapatkan bisa diterapkan di perusahaan.

Oleh sebab itu, mintalah fasilitas ini dan kembangkanlah potensi dalam diri. Pelatihan itu biasanya bisa berupa pelatihan soft skill ataupun pendidikan yang lebih tinggi. Beberapa perusahaan memberikan syarat pendidikan yang lebih tinggi untuk memperoleh jabatan yang lebih tinggi.

Aktivitas pengembangan diri bukan hanya berbentuk pelatihan, tetapi juga bisa berupa penugasan. Jika Anda adalah seseorang yang terbuka untuk dunia baru, ajukanlah diri kepada atasan untuk sebuah penugasan.

Review Akhir Tahun Bukanlah Hal yang Menakutkan

Tidak ada hal yang menakutkan jika kita mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru. Kembangkan kemampuan agar karir meningkat.

Jangan cepat puas dengan pencapaian hari ini, tetaplah menjadi seseorang yang maju. Bertanggung jawablah atas semua yang dikerjakan, dan perhatikanlah etika dimanapun Anda bekerja.

 

Sumber: www.suara.com

 

  • Share

Download Now

Dapatkan Pemberitahuan Dari Kami

Cari Kantor Dengan Gedung