Tips Agar Tetap Fokus Bekerja di Kantor Open Space
Tips, Health & Lifestyle

Tips Agar Tetap Fokus Bekerja di Kantor Open Space

14 March 2017 6317

Open space adalah konsep penataan kantor dengan ruang terbuka dan tanpa menggunakan pembatas atau sekat. Karena dianggap efisien, konsep open space biasa diaplikasikan di kantor-kantor teknologi yang modern. Sayangnya, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa konsep kantor terbuka justru bisa menurunkan produktivitas karyawan.

Kamu mungkin juga jadi kurang fokus karena banyaknya kegiatan yang terjadi di kantor yang berkonsep open space. Ada baiknya simak tips-tips berikut ini:

Dekorasi meja kerjamu dengan cermat

Supaya kamu bisa lebih fokus dalam bekerja, aturlah dekorasi meja kerjamu dengan cermat. Contohnya, dengan meletakkan bingkai foto, atau pot tanaman hias mini. Bukan hanya bisa bikin kamu lebih fokus, aksesoris ini juga bisa menjadi batas wilayah dengan rekan kerjamu disebelah.

Pastikan juga mejamu selalu rapi. Karena Meja kerja yang berantakan bisa membuat tidak nyaman, bukan cuma kamu tapi juga rekan di sampingmu.

Halau kebisingan dengan headphone

Salah satu cara mudah untuk menghalau suara-suara yang bising di kantor adalah dengan memasang headphone di telinga. Biar fokusmu maksimal, nggak ada salahnya berinvestasi ke headphone yang mampu memblokir suara bising dari luar, seperti headphone bertipe in-ear atau yang memiliki fitur noise-cancelling.

Selain headphone, pemilihan musik yang tepat juga sangat penting untuk membantu kamu tetap fokus. Pilihlah musik yang santai dan menenangkan, atau kamu bisa membuat playlist lagu-lagu favorit untuk menemati kesibukan mu.

Namun jangan seharian penuh menggunakan headphone, gunakanlah ketika kamu anggap butuh saja.

Manfaatkan ruang meeting yang kosong

Butuh menyendiri sejenak agar lebih berkonsentrasi dengan pekerjaanmu? Bila memungkinkan, cari sebuah ruangan di mana orang bisa “ngabur” sejenak. Kamu bisa memanfaatkan ruang meeting yang kosong, pantry atau pojokan tertentu di kantor. Selain bisa merubah mood dan suasana, kamu juga bisa bekerja dengan lebih tenang tanpa gangguan.

Tetapkan aturan demi kenyamanan bersama

Untuk menciptakan suasana kerja yang lebih kondusif dan nyaman, ada baiknya kalian yang bekerja di dalam satu ruangan berdiskusi dan menetapkan aturan berdasarkan kesepakatan bersama. Kesepakatan ini bisa mengatur etika ngobrol, pengaturan suhu pendingin ruangan, hingga aturan makan siang di meja kerja. Aturannya tidak harus formil, yang penting dapat menjaga kenyamanan penghuni ruangan kantor tersebut.

  • Share

Download Now

Dapatkan Pemberitahuan Dari Kami

Cari Kantor Dengan Gedung