Teman Kantor Sedang Flu, Lakukan Hal Ini Agar Tak Tertular
Tips, Health & Lifestyle

Teman Kantor Sedang Flu, Lakukan Hal Ini Agar Tak Tertular

10 July 2017 120

Flu adalah salah satu penyakit yang paling mudah menular di kantor. Jika ada satu saja karyawan yang sakit flu, maka karyawan lainnya berisiko sakit flu juga.

Tertular flu dari teman kantor tentu bisa membuat produktivitas kamu berkurang. Bahkan bisa jadi membuat kamu harus tidak masuk kerja karena harus beristirahat di rumah.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghindari tertular flu dari teman kantor, yang kami himpun dari detikHealth:

Baca juga: Makanan Dan Minuman Yang Dianjurkan Ketika Terkena Flu

1. Sering-sering cuci tangan

Tangan adalah sarana perpindahan kuman paling besar, tak terkecuali virus flu. Teman kantor yang sedang flu bisa saja menularkannya melalui jabat tangan, atau benda-benda lain yang sering disentuh seperti gagang pintu, gagang tetelpon, sendok makan, atau gelas.

Oleh karena itu, sering-seringlah cuci tangan menggunakan sabun, terutama setelah dari toilet atau setelah memegang benda-benda kantor yang digunakan bersama.

2. Jaga jarak

Ketika bersin, kuman bisa meluncur hingga 3 meter dan bertahan di udara selama 45 menit. Itulah sebabnya mengapa flu mudah sekali menular di kantor.

Baca juga: Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Flu dan Batuk Pada Anak

Jika ada rekan kerja yang sedang flu, ada baiknya kamu menjaga jarak saat berbicara. Jangan lupa juga ingatkan teman yang sedang flu untuk menggunakan masker saat di kantor.

3. Jaga daya tahan tubuh

Melakukan langkah pencegahan di atas akan menjadi percuma jika kamu sendiri tidak menjaga daya tahan tubuh dengan baik.

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran, makan makanan dengan gizi seimbang, kelola stres, dan tidur yang cukup merupakan cara untuk menjaga daya tahan tubuh. Jika perlu, konsumsi vitamin dan mineral supaya tubuh tetap bugar.

4. Vaksinasi flu

Vaksinasi influenza adalah salah satu langkah pencegahan flu paling optimal. Dengan melakukan vaksinasi flu satu tahun sekali, risiko tertular flu berkurang hingga lebih dari 80 persen.

Namun sekali lagi, vaksinasi saja tidak cukup untuk mencegah penularan penyakit. Gaya hidup sehat tetap harus dilakukan supaya efek vaksinasi optimal.(mrs/ajg)

  • Share

Download Now

Dapatkan Pemberitahuan Dari Kami

Cari Kantor Dengan Gedung