Tips Membenarkan Posisi Duduk Saat sedang Bekerja di Kantor
Tips, Health & Lifestyle

Tips Membenarkan Posisi Duduk Saat sedang Bekerja di Kantor

08 August 2017 100

Bagi pekerja kantoran yang menghabiskan separuh harinya di kantor untuk bekerja pasti sering merasa lelah. Hal ini diperparah jika pekerjaan mereka mengharuskan mereka untuk terus duduk di depan komputer.

Posisi duduk yang salah dapat menyebabkan masalah kesehatan yang bahkan bisa berakibat fatal. Jika kamu duduk berjam-jam tanpa melakukan peregangan sedikit pun, maka akan beresiko terserang penyakit jantung, sakit tulang punggung, obesitas dan trombosis vena.

Dilansir dari laman Times of India, berikut ini tips untuk memperbaiki posisi duduk yang benar saat bekerja di kantor:

Jangan Menyilang Kaki

Tahukah kamu jika kaki tidak boleh disilangkan saat kamu duduk dalam waktu yang lama?
Karena kaki yang disilangkan akan membuat aliran darah terhambat dan sendi menjadi tegang. Posisi kaki adalah, kaki rileks dengan posisi tegak membentuk sudut 90 derajat. Dengan begitu kamu tidak akan mengalami kram atau kesemutan karena aliran darah lancar.

Merileksasikan Pundak

Pegal akan sangat terasa di bagian pundak saat kamu duduk dalam waktu yang cukup lama tanpa pernah meregangkan otot. Demi mencegah terjadinya kram atau sakit leher, sebaiknya benarkan posisi duduk kamu, yakni duduk dengan posisi tegap dan lengan tangan yang diangkat keatas meja membentuk siku-siku 90 derajat. Sesekali regangkan otot pundak dengan melakukan stretching selama beberapa menit.

Gunakan Bantal untuk Bersandar

Jika menurutmu kursi kantor kurang nyaman dan membuat kamu sakit punggung, ganjal kursi dengan menggunakan bantal untuk menopang punggung dan pundak saat bersandar di kursi. Bila tidak ada bantal, kamu bisa menggunakan jaket untuk memberikan jarak antar punggung dan kursi.

Lakukan Peregangan Ringan

Terlalu fokus dengan pekerjaan kantor bisa membuat seseorang lupa untuk meregangkan tubuh. Cara duduk yang salah dan ditambah malasnya melakukan peregangan otot, bisa sebabkan berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan tulang dan persendian.

Sesekali beranjaklah dari kursi dan berjalan-jalanlah sejenak di area kantor atau memutar kepala untuk melemaskan otot-otot yang tegang. Kamu juga bisa makan siang di tempat yang agak jauh dari kantor agarbisa merileksasikan otot kaki dengan berjalan kaki.

  • Share

Download Now

Dapatkan Pemberitahuan Dari Kami

Cari Kantor Dengan Gedung