Teknologi Mirip 'Face ID' Mulai Rambah Perkantoran
News

Teknologi Mirip 'Face ID' Mulai Rambah Perkantoran

13 November 2017 89

Teknologi pemindai wajah (Face ID) memang sebelumnya telah dirediksikan akan menjadi trend solusi keamanan. Popularitas pengenal wajah ini terkenal saat vendor ponsel premium menggunakannya sebagai pintu keamanan perangkat.

Dari sekian banyak ponsel pintar yang menawarkan teknologi  pemindai wajah, Face ID yang ada di iPhone X mungkin menjadi yang paling menarik perhatian. Teknologi Face ID ini bahkan jadi salah satu fitur andalan Apple di iPhone X yang baru saja dirilis.

Padahal, teknologi pemindai wajah tak terbatas diaplikasikan pada ponsel pintar saja. Di Indonesia, teknologi ini bahkan sudah bisa dijumpai pada perangkat sehari-hari.

"Sudah ada, sekarang paling banyak digunakan di perkantoran," kata Fanky Christian, Ketua Asosiasi Sistem Integrator dan Sekuriti Indonesia (ASISINDO) yang ditemui di konferensi pers Smart Home and City di Jakarta, Kamis (2/11/2017).

Menurut Fanky, "Face ID" itu umumnya dipakai di ruang yang membutuhkan keamanan lebih seperti ruang direksi dan semacamnya. Tidak menutup kemungkinan juga sistem ini digunakan untuk merekam kehadiran karyawan di kantor.

Bahkan belum lama ini, ia sempat memasang sistem pemindai wajah di sebuah perkantoran milik perusahaan besar di Jakarta. Di kantor itu, teknologi pengenal wajah ini digunakan sebagai kontrol akses.

Teknologi Face ID, disebutkan Fanky, telah banyak diadopsi di luar negeri. Namun, adopsi di Indonesia masih sedikit karena sejumlah kendala. Padahal, Indonesia memiliki potensi pasar yang besar untuk solusi keamanan.

Berdasarkan riset Citiasia Center for Smart Nation, pasar perangkat smart home dan smart city di Indonesia diperkirakan mencapai US$400 miliar dolar AS. Dari angka ini 20% di antaranya ada di kategori keamanan. Ini berarti pasar perangkat IoT untuk keamanan mencapai US$80 miliar. Oleh karena itu, banyak perusahaan asing banyak berdatangan ke dalam negeri.

 

Sumber

  • Share

Download Now

Dapatkan Pemberitahuan Dari Kami

Cari Kantor Dengan Gedung