Sandiaga Ingin Pagar Perkantoran di Sudirman-Thamrin Ramah Pejalan Kaki
News

Sandiaga Ingin Pagar Perkantoran di Sudirman-Thamrin Ramah Pejalan Kaki

08 March 2018 317

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno meminta pengelola gedung dan perkantoran di sekitar trotoar Jalan Sudirman dan Jalan M.H Thamrin untuk mengubah desain pagarnya.

Sandiaga menginginkan pagar gedung-gedung perkantoran di kawasan tersebut haruslah menyatu dengan trotoar.

"Jadi yang kami ingin pembangunan ke depan khususnya di kawasan protokol pagar-pagar itu bisa menyatu, jadi pagarnya yang friendly lah kepada pejalan kaki. Itu yang kami inginkan," kata Sandiaga di Balai Kota DKI, Rabu (7/3).

Sandiaga pun mengerti jika masih ada penolakan dari para pemilik dan pengelola gedung mengenai rencana tersebut. Mereka beralasan menolak mengubah desain pagar karena alasan keamanan.

Tetapi, menurut Sandiaga, sejauh ini belum ada negara yang bisa sepenuhnya menjamin keamanan.

Baca juga : Sandiaga Akan Pindahkan PKL Melawai ke Gedung Perkantoran

"Mana sih negara yang benar-benar aman 100 persen, tidak ada ancaman. Singapura tidak juga, Singapura jika kita lihat yang dipastikan adalah infrastrukturnya sudah ada, namun apa menjamin 100 persen aman, kan belum tentu juga. Musibah bisa terjadi kapan saja, serangan bisa terjadi kapan saja," ujarnya.

Sandiaga menambahkan, ke depannya Jakarta akan mengusung konsep Jakarta Smart and Save City. Dengan konsep tersenut diharapkan dapat meningkatkan keamanan di Ibu Kota.

"Jadi dengan face recognition, dengan penggunaan teknologi terkini kami dapat turunkan tingkat ancaman terhadap ketertiban dan keamanan masyarakat dengan secara signifikan. Jadi hal itu yang kami harapkan di jalan kawasan utama, Jalan Sudirman-Thamrin," ucap Sandiaga.

Penataan trotoar dan Jalan Sudirman dan Jalan M.H Thamrin didanai dengan kompensasi pelampauan kelebihan lantai bangunan (KLB) PT Mass Rapid Transit, PT Kepland Investama, dan PT Mitra Panca Persada.

PT MRT Jakarta akan mengerjakan trotoar di enam stasiun MRT, tepatnya 3.200 di setiap area stasiun.

PT Kepland Investama mengerjakan trotoar dari Patung Kuda Arjuna Wiwaha hingga Kali Krukut. Sedangkan PT Mitra Panca Persada mengerjakan trotoar dari Kali Krukut hingga Patung Pemuda dan Kartika Candra hingga Jakarta Convention Center.

 

Sumber: Kompas.com

  • Share

Download Now

Dapatkan Pemberitahuan Dari Kami

Cari Kantor Dengan Gedung