10 Kesalahan Berpakaian di Kantor yang Sering Dilakukan Wanita
Tips, Health & Lifestyle

10 Kesalahan Berpakaian di Kantor yang Sering Dilakukan Wanita

09 March 2018 328

Pilihan baju yang dikenakan ke kantor tentunya tak bisa sembarangan. Jika salah memilih baju, Anda bisa mendapat image tidak profesional dan bahkan bisa menjadi bahan pembicaraan rekan kerja di kantor.

Apa saja kesalahan berpakaian yang sering dilakukan oleh wanita saat di kantor?

1. Memakai busana tanpa lengan

Jika Anda memiliki pekerjaan yang serius dan mewajibkan untuk tampil formal, sebaiknya hindari jenis pakaian ini. Mengenakan busana tanpa lengan atau sleeveless menjadikan penampilan Anda terlihat terlalu santai. Anda bisa memadukan atasan tanpa lengan dengan jaket atau blazer, tapi perlu diingat, Anda tidak bisa membuka outerwear setiap saat jika Anda mulai terasa kepananasan. Pastikan situasi dan kondisinya cukup memungkinkan untuk membuka outerwear Anda.

2. Pamer tali pakaian dalam

Hal ini sering terjadi jika Anda mengenakan busana tanpa lengan. Meskipun tidak disengaja, memamerkan tali pakaian dalam bukanlah hal yang pantas terjadi di lingkungan kerja. Sebelum pergi ke kantor, coba bercermin terlebih dulu sembari mengangkat tangan, membungkuk, dan bergerak ke segala arah untuk memastikan tidak ada pakaian dalam yang dapat terlihat ketika Anda beraktivitas di kantor nanti.

3. Mengenakan kemeja transparan

Di mana pun Anda bekerja, mengenakan kemeja atau atasan transparan yang dipadu dengan kamisol sewarna bukanlah ide yang bagus. Kenyataannya, bahan transparan justru malah akan menjadikan Anda sebagai pusat perhatian yang tidak menyenangkan dan bisa saja membuat rekan kerja jadi merasa kurang nyaman. Belum lagi jika bahan yang dipilih kelewat transparan, Anda pun akan sulit berkegiatan karena sibuk memastikan pakaian dalam Anda tidak terlihat.

4. Rok terlalu pendek

Jangan membuat kesalahan dengan memakai rok yang terlalu pendek karena akan dianggap kurang pantas. Rok Anda boleh saja berpotongan formal, tapi jika potongannya jauh di atas lutut bisa dianggap provokatif yang tentu dianggap kurang cocok untuk dikenakan di kantor. Simpan dulu rok mini Anda untuk akhir pekan. Sebagai gantinya, kenakan pencil skirt berpotongan di bawah lutut dan padukan bersama blazer pas badan. Kesan profesional pun jadi milik Anda.

5. Memakai sepatu high heels yang tidak nyaman

Seprofesional apapun tampilan sepatu tinggi Anda, jika tidak terasa nyaman saat dikenakan maka sebaiknya Anda tinggalkan saja di rumah. Sepatu hak tinggi memang menjadikan pemakainya tampil lebih menarik serta profssional, tapi buat apa memaksa diri untuk menahan sakit saat memakainya? Anda bisa mengganti sepatu high heels dengan sepatu flats (jika kantor Anda memperbolehkan), memilih hak yang lebih lebar atau menggunakan spon tambahan di dalam sepatu. Lakukan apa yang perlu dilakukan demi kenyamanan Anda.

6. Too much make up

Gunakanlah makeup natural ketika Anda bekerja. Jangan menggunakan eye shadow, lipstik, cat kuku atau makeup dengan pilihan warna yang terlalu mencolok. Hindari mengguakan shimmer karena Anda justru akan terlihat seperti akan pergi ke pesta. Pilih warna netral dan lembut untuk menyegarkan wajah, misalnya eyeshadow coklat atau crème, lipstik berwarna pink dan blush on merah muda. Pastikan juga makeup Anda tidak mudah luntur.

7. Bergaya seperti anak kecil

Meski Anda masih tergolong muda, hindari mengenakan pakaian yang terlihat kekanak-kanakan ketika pergi ke kantor. Simpan T-shirt band favorit atau aksesoris berbentuk hati untuk akhir pekan bersama teman-teman. Jika ingin diberi tanggung jawab besar oleh bos Anda, maka mulailah berpakaian layaknya orang dewasa.

8. Masuk kantor dengan rambut basah

Hadir di kantor dengan rambut basah menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang tidak tepat waktu dan tak disiplin. Bagaimana atasan Anda bisa memercayai Anda untuk menyelesaikan tugas? Jika ingin bangun agak siang, Anda bisa keramas di malam sebelumnya atau menggunakan dry shampoo lalu menata rambut dengan gaya sederhana, seperti ikat ekor kuda atau low bun.

9. Mengenakan baju ketat dan belahan dada rendah

Mengenakan atasan yang memperlihatkan belahan dada bisa merusak citra profesional. Pakaian atasan dengan belahan dada rendah dianggap kurang layak untuk lingkungan profesional atau bisnis. Ini bisa memberi kesan yang salah untuk atasan, rekan kerja atau bawahan. Tidak ada salahnya memamerkan selera fashion Anda, tapi Anda bisa memilih pakaian yang tidak terlalu menonjolkan belahan dada.

10. Memakai sandal

Tidak peduli seberapa sakit kaki Anda, pakailah sepatu yang cocok dengan pakaian formal. Anda bisa memakai sepatu dengan hak yang formal dan berkelas atau sepatu flats dengan model yang tetap terlihat profesional. Hindari membuat kesalahan dengan memakai sandal bertali atau alas kaki lainnya yang menunjukkan sikap kurang profesional. Jika Anda kurang menyukai sepatu bertumit, pakai sepatu yang nyaman dan tampak formal.

Sering bingung untuk memilih baju kerja saat pagi? Contek inspirasi berbagai koleksi baju dengan gaya kontemporer namun tetap smart di sini yang cocok untuk dikenakan ke kantor.

  • Share

Download Now

Dapatkan Pemberitahuan Dari Kami

Cari Kantor Dengan Gedung