5 Tips Mengatasi Lelah Berlebihan di Kantor
Tips, Health & Lifestyle

5 Tips Mengatasi Lelah Berlebihan di Kantor

13 April 2018 308

Capek setelah seharian bekerja adalah hal yang wajar. Namun, jika Anda merasa terlalu capek padahal tengah sibuk bekerja di kantor, kemungkinan ada hal yang salah dengan tubuh atau rutinitas yang Anda dilakukan.

Tak hanya mengganggu produktivitas kerja, rasa lelah juga dapat mempengaruhi kehidupan sosial Anda. Contohnya, janji makan malam dengan teman-teman lama terpaksa dibatalkan karena tubuh sudah terlalu lelah.

Seperti dilansir Bustle dan Health, berikut ini adalah beberapa tips mudah yang bisa Anda terapkan untuk mencoba meningkatkan energi ketika merasa lelah di kantor:

1. Makan siang dengan lemak sehat

Seorang dokter praktisi fungsional, Will Cole, menyarankan supaya Anda mendapatkan cukup banyak lemak sehat sepanjang hari.

"Karena hampir 60 persen dari otak terdiri dari lemak, jadi masuk akal jika memberi asupan lemak untuk otak,” paparnya.

Tak seperti gula, lemak memiliki sifat yang lambat dalam proses pencernaan. Beberapa sumber lemak sehat adalah ikan, kelapa, atau buah alpukat.

Anda juga sebaiknya selalu menyediakan makanan ringan seperti kacang, yogurt, atau bahkan cokelat hitam yang setidaknya mengandung 70 persen kandungan kakao. Asupan lemak sehat yang baik untuk otak akan mencegah energi menurun sepanjang hari.

2. Minum air es

Bila tidak lapar, Anda bisa mencoba meminum air es. Mengapa? Karena ketika tubuh Anda menerima perubahan suhu pada tubuh, akan terjadi sentakan dan keterkejutan pada tubuh. Hal ini akan membuat tubuh dalam posisi waspada.

Dehidrasi juga bisa membuat tubuh mengalami kelelahan. Maka, minum air bisa membantu meningkatkan kembali energi Anda.

3. Istirahat sejenak

Selain mengistirahatkan fisik, cobalah untuk mengistirahatkan mental dengan cara yang paling produktif menurut Anda. Jangan coba untuk terlalu memforsir tenaga dan pikiran Anda.

Shilpi Agarwal, seorang dokter dan penulis bersertifikat mengatakan, ketika Anda mencoba untuk melawan kelelahan, produktivitas justru akan hilang dan akhirnya justru akan merasa memiliki lebih banyak masalah.

Menonton video lucu bisa menjadi alternatif beristirahat.

4. Bersosialisasi

Ketika rasa lelah menghampiri, mungkin bersosialisasi adalah hal terakhir yang ingin Anda lakukan. Tetapi, menurut Agarwal, membicarakan kelelahan yang dialami justru bisa membantu mengurangi rasa lelah yang ada.

"Mengobrollah dengan rekan kerja. Interaksi sosial akan membuat Anda beranjak dari meja dan membantu meningkatkan energi," katanya.

5. Berjalan-jalanlah

Berjalan-jalan atau sekadar beranjak dari kursi cukup efektif membantu mengatasi kelelahan. Dorongan energi akan datang dari perubahan posisi tubuh, yang juga meningkatkan detak jantung.

Dengan meningkatnya detak jantung, kelelahan akan berkurang. Selain itu, Cole menambahkan bahwa dengan berjalan akan melepaskan endorfin yang memberi Anda dorongan energi untuk merasa lebih baik.

 

Sumber: Tempo.co

  • Share

Download Now

Dapatkan Pemberitahuan Dari Kami

Cari Kantor Dengan Gedung