Cara Ampuh Hilangkan Kantuk Saat di Kantor dengan Jalan Kaki
Tips, Health & Lifestyle

Cara Ampuh Hilangkan Kantuk Saat di Kantor dengan Jalan Kaki

04 May 2018 181

Tak bisa dipungkiri bahwa setiap orang bisa mengantuk ketika bekerja. Faktor timbulnya rasa kantuk dapat terjadi mungkin karena kurang tidur, lelah ataupun kekenyangan seletah makan siang. Ketika rasa kantuk mendera, tentunya kita tidak lagi semangat dan hal ini bisa berdampak pada kinerja kita.

Untuk menghindari hal itu, biasanya banyak orang memilih kopi sebagai cara mengatasi rasa mengantuk. Padahal ada beragam solusi untuk mengatasi rasa kantuk di kantor. Tetapi, di antara banyaknya solusi, ada salah satu cara yang terbilang efektif untuk mengatasinya.

Baca Juga : 5 Tips Mengatasi Lelah Berlebihan di Kantor

Dilansir dari Her.ie, penelitian dari Journal of Occupational Health Psychology memaparkan cara mudah supaya tidak mudah mengantuk di tempat kerja dan bisa lebih semangat saat pulang ke rumah. Apakah itu? Caranya adalah dengan jalan kaki santai 15 menit saat jam makan siang.

Para peneliti melakukan survei terhadap 100 orang yang bekerja di berbagai bidang tentang kebiasaan di waktu makan siangnya. Mereka melakukan perubahan pada kebiasaan jam makan siangnya selama 10 hari berturut-turut untuk mencari tahu hasilnya.

Separuh dari mereka diminta untuk jalan kaki santai di taman terdekat dan fokus menikmati pemandangan sekitar. Sementara separuh sisanya diminta untuk melakukan berbagai latihan relaksasi, seperti latihan pernapasan dan teknik meditasi. Masing-masing grup melakukan kegiatan mereka selama 15 menit setelah makan siang.

Kedua grup tersebut sama-sama mendapat peningkatan dalam produktivitas mereka dan mereka mengatakan jadi lebih mudah berkonsentrasi setelah istirahat tersebut. Tapi orang-orang lebih suka menghabiskan waktu istirahat dengan jalan kaki di taman karena bisa langsung meningkatkan konsentrasi dan menghilangkan rasa lelah.

Baca Juga : 7 Tips Berkonsentrasi di Tengah Kebisingan Kantor

Menurut Marjaana Sianoja, peneliti psikologi dari University of Tampere, dikutip dari TIME, aktivitas-aktivitas tersebut dapat menjaga produktivitas bekerja sepanjang hari. Dengan kata lain, produktivitas dan juga efisiensi kerja dapat lebih baik di sisa hari tersebut.

Jadi nih ya, bugi Anda yang sering merasa ngantuk atau mudah lelah di tempat kerja, coba luangkan waktu jalan kaki 15 menit setelah makan siang. Manfaatkan waktu tersebut untuk benar-benar mengistirahatkan pikiran. Dengan begitu, kamu bisa kembali ke kantor dengan pikiran yang lebih fresh dan juga bersemangat.

 

Sumber :

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building