6 Kesalahan Kecil Karyawan Baru di Kantor, Mana yang Paling Sering?
Tips, Health & Lifestyle

6 Kesalahan Kecil Karyawan Baru di Kantor, Mana yang Paling Sering?

28 September 2018 176

Bagi sebagian orang, menapaki dunia kerja adalah sesuatu yang berharga, karena kebanggaan tersendiri karena mendapatkan hasil dari keringatnya sendiri.

Saat berada di lingkungan kerja atau kantor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya tidak terjadi kesalahpahaman dengan rekan kerja.

Jika seseorang menganggap hubungan dengan rekan kerja bukanlah bagian terpenting dalam karirnya, maka ia salah.

Penelitian menunjukkan, jika seseorang memiliki hubungan persahabatan dengan rekan kerja diluar jam kerja, maka produktivitas nya bisa naik cukup signifikan.

Tetapi biasanya, ketika seseorang baru mulai bekerja di kantor yang baru, ada beberapa yang kesulitan beradaptasi. Ia mungkin membuat kesalahan kecil, seperti lupa nama setelah berkenalan dengan semua karyawan.

Berikut ini 6 kesalahan yang sering terjadi pada karyawan baru, seperti dikutip dari Bright Side:

1. Lupa Nama Kolega

Pembicara terkenal dan penulis buku How to Win Friends and Influence People, Dale Carnegie, merekomendasikan karyawan baru untuk menyebut kembali nama rekan kerjanya saat berkenalan, karena dengan cara ini ia akan lebih mudah menghafal nama serta menunjukkan rasa hormat terhadap orang lain.

2. Takut Menambahkan Kolega di Media Sosial

Jika ingin mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan tempat Anda bekerja dan berteman dekat dengan rekan kerja, Anda harus mencari tahu lebih banyak tentang semua kolega Anda. Jangan takut dan ragu untuk menambahkan akun media sosial mereka.

Cara ini akan membantu Anda menemukan sesuatu sebagai bahan pembicaraan. Dan Anda akan tahu apa yang seharusnya tidak Anda bahas.

3. Berinteraksi Terlalu Banyak

Adalah hal yang luar biasa jika lingkungan kerja baru langsung menyukai Anda begitu mengenal. Meski demikian, sering berinteraksi dengan rekan kerja juga bisa membuat mereka menjauh karena menganggap Anda orang aneh.

Lihatlah lebih dekat pada orang-orang yang bekerja bersama Anda. Kembangkan cara berkomunikasi dengan semua orang, karena beberapa dari mereka suka mengobrol walau yang lainnya kurang komunikatif.

Jangan mencoba berteman dengan cepat dan jangan membagikan informasi pribadi, karena topik semacam ini tidak diperkenankan di tempat kerja.

4. Enggan Memuji

Jika memperhatikan kelebihan dan bakat rekan-rekan Anda, ada baiknya memberikan sedikit pujian terhadapnya. Ini akan memberi Anda reputasi sebagai orang yang terbuka dan baik hati. Hal terpenting adalah kejujuran dan moderasi.

Satu lagi, sebaiknya hindari pujian yang bisa di salahartikan. Seperti, memuji laporan kerja rekan kerja Anda, karena hal tersebut berbeda dengan memuji mata atau tatanan rambutnya.

5. Berpihak

Jika memperhatikan bahwa ada kelompok rekan kerja tertentu di kantor, maka Anda disarankan untuk tidak ikut masuk kedalam kelompok mereka. Jadilah netral, maka reputasi dan hubungan baik dengan seluruh tim bisa terpengaruh.

Bersikaplah sopan dan bijak terhadap semua orang, tidak peduli apa status sosial mereka.

Jauhi semua perkataan negatif yang Anda dengar tentang orang lain. Dalam perspektif jangka panjang, posisi seperti ini akan membantu psikis Anda tetap positif sepanjang waktu, yang bagus untuk produktivitas.

6. Tidak Perhatikan Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh sangat penting dalam komunikasi apa pun. Umumnya, secara tidak sadar, kita sering mengirimkan sinyal yang diterima kolega. Sinyal-sinyal ini mungkin membuat mereka menghentikan pembicaraan dengan kita dengan cara yang halus.

Memasang ekspresi muka sedih, volume suara yang besar, bau badan dan hal-hal sepele lainnya seperti ini bisa membuat rekan kerja kita tidak nyaman berada didekat kita.

Jika Anda ingin membuat kesan pertama yang baik di kantor baru, gunakan cara ini:

  1. Tataplah mata atau wajah orang yang Anda ajak bicara.
  2. Hadapkan tubuh Anda kepada orang yang mengajak bicara.
  3. Sunggingkan senyum dengan ramah.
  4. Jangan arahkan jari Anda atau benda apa pun pada lawan bicara.
  5. Jadilah pribadi yang menarik untuk diajak ngobrol.

Sumber: www.liputan6.com

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building