5 Tips Mengatasi Nyeri Punggung saat Kerja di Kantor
Tips, Health & Lifestyle

5 Tips Mengatasi Nyeri Punggung saat Kerja di Kantor

07 August 2019 177

Nyeri punggung menjadi masalah bagi pekerja kantoran lantaran terlalu lama duduk di depan komputer. Solusinya adalah untuk mengatasinya adalah dengan rutin melakukan peregangan.

Seperti dilansir laman Metro, Senin (5/8/2019). Tidak perlu langsung ke rumah sakit, Osteopat sekaligus Pendiri Klinik Woodside Anisha Joshi berbagi lima tips peregangannya yang sering ia lakukan di kantor.

1. Peregangan bahu

Gerakan ini efektif merenggangkan otot di tulang belikat yang menempel pada bagian atas leher yang tegang karena menatap layar komputer terus menerus.

Baca Juga : Tips Membuat Lingkungan Kantor Jadi Lebih Sehat

Caranya, bawa satu tangan ke depan dada dan gunakan lengan lainnya untuk merenggangkan dan menariknya ke seluruh tubuh. Pegang setiap peregangan selama lima detik, lalu ulangi pada lengan lainnya. Ulangi gerakan sebanyak lima kali setiap lengan.

2. Peregangan leher

Peregangan satu ini bermanfaat mengurangi ketegangan pada leher karena membungkuk terlalu lama karena menatap layar handphone. Adanya pembatasan pasokan pada leher ke punggung dapat merusak fungsi saraf dan juga menimbulkan rasa sakit, karenanya butuh peregangan.

Caranya, duduk bermodalkan satu tangan bertumpu telapak tangan ke lantai, kemudian putar leher ke arah bahu, dan rasakan peregangannya. Tahan selama 10 detik, kemudian ulangi sebanyak lima kali. Lakukan untuk sisi bertumpu satu tangan yang lainnya.

3. Mengangkat bahu

Selain mengurangi ketegangan, gerakan satu ini juga ampuh memperlancar peredaran syaraf di tulang belikat dan punggung atas.

Caranya, cukup angkat bahu ke arah bagian bawah telinga, tahan selama beberapa detik kemudian lepaskan.

4. Peregangan ke belakang

Saat di depan meja menunduk dan membuat kepala menggantung sehingga membuat leher pegal, saat melakukan peregangan ini akan membantu mengurangi sakit punggung bagian atas.

Caranya, berdiri jalin jari-jari tangan ke belakang sejauh mungkin, untuk merengangkan otot-otot di bagian depan dada.

5. Gerakan gulung ke bawah

Gerakan yang satu ini cukup efektif merengangkan punggung bagian bawah dan baik untuk memperbaiki postur tubuh.

Caranya, beranjaklah dari kursi kantor lalu pindah ke tempat yang lebih luas yang cukup untuk posisi membungkuk. Berdirilah dengan kaki selebar pinggul. Lalu dengan perlahan goyangkan ke depan dan belakang dari tumit ke ujung kaki. Hingga mengendurkan sedikit ke arah mata kaki.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bahaya Kesehatan Karena AC Ruang Kantor

Dengan tangan yang ada di samping, tekuk lutut sedikit sehingga posisi kaki menjadi tegak. Tarik napas dalam  lalu hembuskan. Perlahan anggukkan kepala dan turun ke lantai. Turunkan sejauh yang dibisa dan senyaman mungkin, supaya leher dan bahu tetap rileks.

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building