6 Pedoman Pembukaan Kembali Ruang Kerja di Perkantoran
News

6 Pedoman Pembukaan Kembali Ruang Kerja di Perkantoran

19 May 2020 268

Konsultan properti Cushman & Wakefield merilis panduan komprehensif bertema “Kesiapan Pemulihan: Panduan Pembukaan Kembali Lingkungan Kerja”.

Cushman & Wakefield menyasar para pemilik dan juga penyewa properti dalam rangka pembukaan kembali lingkungan kerja dan perkantoran dalam beberapa bulan ke depan.

Panduan ini dirilis untuk melengkapi Recovery Readiness Task Force (RRTF atau Satuan Tugas Kesiapan Pemulihan) dan produk social distancing (pembatasan sosial) terbaru bernama Six Feet Office.

Para ahli dan peneliti lingkungan kerja di Cushman & Wakefield dan Vanke Service mengembangkan panduan ini dengan solusi yang tanggap dan mudah disesuaikan dengan implementasi hemat biaya.

Dalam menciptakan panduan ini, Cushman & Wakefield menyaring pemahaman dan praktik terbaik dari proses pembukaan kembali 10.000 perusahaan di China.

Di China, hampir satu juta orang akan bekerja kembali di gedung-gedung perkantoran dengan total luas 74 juta meter persegi.

"The Safe Six" atau enam langkah keamanan esensial kesiapan lingkungan kerja menjadi garis besar yang dapat diimplementasikan pemilik perkantoran, yang terdiri dari:

  1. Persiapan bangunan, berupa rencana pembersihan, inspeksi sebelum pembukaan kembali, dan pengecekan jaringan mekanik dan HVAC.
  2. Persiapan tenaga kerja, yakni kebijakan yang mengatur karyawan kembali bekerja, menggilir atau menjadwalkan komunikasi antar karyawan dan manajemen.
  3. Pengendalian akses, menerapkan protokol untuk keamanan dan pengecekan kesehatan, akses masuk gedung, pengiriman atau penerimaan barang, penggunaan elevator dan kebijakan terhadap pengunjung.
  4. Pembuatan rencana pembatasan sosial (social distancing), berupa petunjuk untuk menurunkan kepadatan dalam ruangan dan perencanaan sirkulasi pada area kerja.
  5. Pengurangan area sentuh dan tingkatkan pembersihan, berupa pemberlakuan kebijakan kebersihan meja, jaga pintu tetap terbuka, pembersihan di area bersama, pengaturan area makan.
  6. Komunikasi untuk kepercayaan diri, berupa memahami kecemasan yang mungkin dialami pegawai saat kembali ke lingkungan kerja, komunikasikan dengan transparan dan lakukan survei secara regular.


Sumber: www.kompas.com

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building