Begini Tips Bikin Ruang Kantor di Hunian Mungil
Interior

Begini Tips Bikin Ruang Kantor di Hunian Mungil

05 April 2021 125

Dengan sedikit kreativitas dan ide, Anda dapat membuat ruangan kantor yang bergaya dari hunian Anda.

Sejumlah tips berikut dapat membantu bekerja secara produktif dan tentunya nyaman meskipun di hunian kecil.

1. Mengubah Tata Letak Ruang

Karena dengan menggeser beberapa furniture seperti sofa pada bagian dinding terpanjang atau meletakan meja pada bagian depan jendela dapat menyulap ruangan menjadi modern dan elegan.

Selain itu efek positif lainnya dengan menempatkan perabotan pada posisi yang tepat, maka akan membuat ruangan terasa luas dan terbuka. Cara ini dapat diaplikasikan untuk menciptakan ruang kerja dengan pencahayaan yang baik, serta meningkatkan kesehatan mental juga fisik.

2 Menggunakan Ruang Wardrobe Untuk Bekerja

Mungkin ide ini jarang terlintas di kepala banyak orang, namun ternyata merupakan ide yang baik sebagai solusi desain kantor bagi mereka yang tinggal di apartemen.

Untuk dapat memaksimalkannya gunakan meja kantor dan kursi rendah. Pilihlah dengan warna yang cerah agar memberikan efek positif bagi psikologi, atau gunakan furniture dengan warna senada agar dapat membuatnya “invisible” setelah selesai menggunakannya.

Agar semakin nyaman, disarankan untuk memindahkan beberapa pakaian pada satu bagian saja. Bukan saja membuat ruangan terkesan lapang, tapi area kosong yang ada dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan perlengkapan kantor Anda.

3. Tirai Sebagai Dinding & Pembatas

Jika membutuhkan pembatas maka Anda dapat menggunakan tirai, yang dapat memisahkan ruang yang satu dengan lainnya. Dapat digunakan untuk berbagai area seperti ruang tamu hingga ruang keluarga. Memiliki fungsi sebagai "Dinding" yang membentang lebar dari satu sudut ke sudut lainnya.

Dengan cara ini maka siapa saja dapat membuat home office mereka sendiri dengan cara yang mudah. Akan tetapi sebelum memasangnya pastikan untuk mengukurnya secara akurat, umumnya langkah ini ditempuh bagi ruangan terbatas yang tetap ingin memiliki ruang kerja sendiri.

Sebagai saran profesional gunakan warna netral seperti putih, atau beige. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan motif bagi mereka yang menyukainya.

Tapi ada baiknya untuk memilih dengan motif sederhana dan tidak terlalu kecil, alasannya sendiri adalah dapat membuat ruangan terkesan sempit.

4 Sulap Sudut Kosong

Bayangkan terkadang pada bagian rumah ditemukan beberapa sudut yang kecil dan tidak memiliki fungsi apapun. Akan tetapi siapa yang menyangka ternyata dapat berguna sebagai ruang kantor loh! Meskipun tidak luas bukan berarti tidak berfungsi dengan baik.

Dengan menambahkan potongan kayu yang sejajar dengan kursi maka Anda sudah dapat menggunakannya. Cocok untuk memaksimalkan hunian yang mungil agar terasa lapang, juga tetap fungsional. Pilihlah bangku bulat tanpa penopang, agar dapat dimasukan setelah selesai bekerja.

Sebagai penyimpanan gunakan rak dinding gantung, yang memiliki fungsi sangat beragam. Baik itu untuk meletakan peralatan kerja, atau dekorasi dinding.

5. Memaksimalkan Setiap Sudut

Sama halnya dengan pemilihan meja maka disarankan untuk memanfaatkan sudut yang ada sebagai tempat penyimpanan, namun tentunya dengan aturan ya! Perhatikan jangan sampai hanya karena ingin terlihat lapang, malah justru mengabaikannya.

Gunakan tempat penyimpanan bawaan agar berfungsi sebagai tempat ‘persembunyian’.

Untuk mendapatkan semua jenis perlengkapan kantor mulai dari meja, kursi, maupun peralatan lainnya Ruparupa bisa menjadi pilihan, Ruparupa merupakan platform gabungan dari brand-brand Kawan Lama seperti Informa, ACE, hingga Toys Kingdom.

Selain itu juga ada berbagai penawaran eksklusif bagi pembelian online, seperti diskon, cashback, maupun flash sale yang hadir dua kali dalam seminggu. (www.tribunnews.com)

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building