Apa Itu Project Management
Tips, Health & Lifestyle

Apa Itu Project Management

10 September 2021 150

Di dalam sebuah perusahaan, project management adalah salah satu aspek yang cukup penting, terutama dalam mengurus proyek-proyek besar.

Apa Itu Project Management?

Dilansir dari Investopedia, project management adalah sebuah proses atau metode sebuah perusahaan dalam menjalankan berbagai macam proyek dan acara.

Di dalam project management, terdapat proses yang dimulai dari inisiasi, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, sampai penutupan.

Perbedaan project management dengan manajemen pada umumnya terletak pada rentang waktu yang dijalankan.

Pasalnya, project management dibutuhkan ketika perusahaan ingin menjalankan sebuah proyek atau acara saja. Sedangkan manajemen biasa meliputi aspek yang lebih luas dan rentang waktunya tidak dapat ditentukan.

Orang yang bertanggung jawab terhadap keberlangsungan proyek dan semua rincian di dalamnya biasa disebut sebagai project manager atau manajer proyek.

Project manager merupakan seseorang dengan tanggung jawab tinggi yang harus memiliki banyak keahlian seperti komunikasi, negosiasi, dan pengetahuan bisnis yang mencukupi.

Aspek yang Perlu Diperhatikan

Nah, di dalam project management, terdapat aspek-aspek yang harus diperhatikan agar proyek dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Menurut Project Management Institute, 10 aspek yang harus diperhatikan dalam project management adalah:

1. Integrasi

Merupakan kumpulan aktivitas dan proses yang diperlukan untuk mengidentifikasi, mendefinisi, mengombinasi, menyatukan dan mengoordinasi berbagai proses dan aktivitas manajemen proyek dalam suatu proses yang berkesinambungan di dalam group Proses Manajemen Proyek.

2. Ruang lingkup proyek

Ruang lingkup meliputi semua pekerjaan yang terkait pada proses untuk menyelesaikan tujuan proyek atau untuk menghasilkan produk proyek. Manajemen scope proyek meliputi proses mendefinisikan dan mengendalikan pekerjaan-pekerjaan apa saja yang termasuk dalam proyek dan pekerjaan-pekerjaan apa saja yang tidak termasuk dalam proyek.

3. Waktu

Banyak para ahli yang menjelaskan bahwa manajemen waktu adalah sebuah perencanaan, pengorganisasian, pengendalian serta penggerak produktuvitas waktu yang masih berhubungan dengan pekerjaan.

4. Biaya

Manajemen Biaya Proyek adalah proses yang dibutuhkan untuk menjamin bahwa proyek dapat diselesaikan sesuai dengan budget yang telah disepakati.

5. Kualitas

Project Quality Management adalah proses yang dilakukan, untuk menjamin proyek dapat memenuhi kebutuhan yang telah disepakati, melalui aturan-aturan mengenai kualitas, prosedur ataupun guidelines.

6. Procurement

Procurement yang dimaksud disini adalah proses-proses yang dilakukan untuk mendapatkan barang dan/atau jasa yang dibutuhkan sebuah proyek dari luar organisasi.

7. Sumber daya manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia dalam proyek adalah proses mengorganisasikan dan mengelola atau menempatkan orang-orang yang terlibat dalam proyek, sehingga orang tersebut dapat dimanfaatkan potensinya secara efektif dan efisien.

8. Komunikasi

Merupakan proses menentukan kebutuhan informasi stakeholder proyek dan menentukan sebuah pendekatan komunikasi. Tentu setiap proyek harus memasukkan sebuah model rencana manajemen komunikasi yang merupakan sebuah dokumen untuk menuntun komunikasi proyek.

9. Manajemen risiko

Manajemen risiko merupakan Pendekatanyang dilakukan terhadap risiko yaitu dengan memahami, mengidentifikasi dan mengevaluasi risiko suatu proyek.

10. Stakeholder

Stakeholder proyek adalah pihak-pihak baik secara individual, kelompok, maupun organisasi yang mungkin mempengaruhi atau dipengaruhi oleh keputusan, aktifitas, dan hasil dari suatu proyek.

Aspek paling penting dari kesepuluh aspek di atas adalah ruang lingkup proyek yang merupakan inti dari keseluruhan proyek.

Jika ada perubahan dari ruang lingkup proyek, maka biaya, waktu, dan aspek lainnya juga akan ikut berubah.

Manajemen risiko juga sangat penting, karena perusahaan tetap harus memikirkan aspek bisnis seperti return on investment dari proyek yang dijalankan.

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building