4 Tips Mengubah Kompetisi di Kantor Jadi Kesempatan
Tips, Health & Lifestyle

4 Tips Mengubah Kompetisi di Kantor Jadi Kesempatan

09 September 2022 146

Kompetisi di dalam dunia profesional memang tak bisa dihindari. Namun, ada yang menyikapinya dengan cara sehat, tapi ada juga yang tidak peduli cara apa pun akan dilakukan demi memenangkan persaingan dan mendapatkan posisi yang diinginkan.

Bahkan, menurut Business Journal persaingan internal dapat menghancurkan bisnis lebih cepat daripada adanya persaingan eksternal dengan kompetitor.

Oleh karena itu, sangat penting untuk segera menghindari persaingan tidak sehat yang terjadi di dalam perusahaan.

Untuk menghadapi persaingan di kantor, ada beberapa tips agar Anda mampu mengubah kompetisi tersebut jadi kesempatan.

1. Ubah cara pandang

Tips pertama agar kompetisi di kantor bisa Anda jadikan sebagai peluang, yakni dengan mengubah sudut pandang. Jangan melihat persaingan sebagai sesuatu yang negatif saja. Ada banyak hal kok yang dapat Anda peroleh dari budaya kompetitif.

Misalnya, hal tersebut bisa mendorong tiap karyawan untuk memberikan performa terbaik. Bila ini telah Anda lakukan, sekalipun tidak berkesempatan meraih posisi tertentu, setidaknya Anda sudah terlatih memiliki etos kerja tinggi, dan itu jadi kelebihan yang Anda miliki.

2. Jangan minder

Kendati Anda bersaing dengan senior, tidak perlu minder. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Santai saja menyikapi persaingan.

Bersaing atau tidak, tetap berikan performa terbaik. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan hasilnya nanti mengenai siapa yang meraih posisi terbaik.

3. Kembangkan apa yang menjadi kelebihan Anda

Seperti yang sudah dikemukakan sebelumnya, tiap orang punya kelebihannya masing-masing. Daripada berusaha menyamakan dengan kelebihan yang dimiliki orang lain, lebih baik fokus pada pengembangan kelebihan Anda.

Gak perlu membanding-bandingkan apa yang kamu miliki dengan rekan kerja yang lain. Hal itu gak ada gunanya. Mending pikirkan saja tindakan apa yang dapat kamu lakukan untuk semakin mengasah kelebihanmu, dan mengurangi kekurangan yang ada.

4. Tetap jalin kerja sama dengan baik

Kendati Anda dan rekan kerja lain saling berkompetisi, jangan melihat mereka sebagai rival ketika berada dalam satu tim. Tetap jalin kerja sama yang baik dengan mereka, sehingga mereka nyaman bekerja dengan Anda.

Bila hal itu Anda lakukan, akan memberi kesan baik. Sehingga, ketika Anda mendapatkan promosi, mereka merasa kalau Anda orang yang tepat karena terbukti mampu memberikan rasa nyaman saat bekerja ke semua orang.

Setelah membaca uraian tadi, bahwasanya kompetisi itu tidak selamanya buruk. Selama Anda mampu menjaga cara-cara yang benar untuk meraihnya, maka persaingan di kantor bisa jadi peluang.

 

 

Ilustrasi Pixabay

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building