Gangguan Kerja Di Kantor Dan Cara Mengatasinya
Tips, Health & Lifestyle

Gangguan Kerja Di Kantor Dan Cara Mengatasinya

02 October 2015 1077

Hidup dalam dunia yang berputar cepat dan serba terburu-buru menuntutmu untuk ikut bergerak dengan cepat pula. Menghadiri meeting tepat waktu, menyelesaikan tugas kantor sesuai jadwal, berpacu dalam padatnya lalu lintas agar tidak terlambat… hal-hal tersebut adalah dinamika umum yang menggambarkan betapa padatnya hari-hari sebagai pekerja, khususnya di ibu kota. Banyaknya hal yang harus dilakukan dalam kurun waktu 24 jam membuat nyaris mustahil menyelesaikan satu pekerjaan tanpa terdistraksi atau terganggu hal-hal lain di luar pekerjaan tersebut.

Agar senantiasa fokus dan produktif, skala prioritas yang ketat harus diterapkan. Kerjakan hal-hal penting terlebih dahulu, baru mengurusi remeh-temeh yang butuh perhatian ekstra. Teorinya memang gampang, namun pada kenyataannya banyak sekali distraksi yang menjerit-jerit minta diperhatikan. Apa saja distraksi yang umum ada dan bagaimana cara mengatasi gangguan kerja dikantor?

Meeting tak penting

Pernah berpikir kamu menghadiri banyak meeting yang sebenarnya tidak butuh-butuh amat kehadiranmu? Jika kamu merasa diajak meeting yang tidak terlalu penting, tanyakan kepada penyelenggara meeting apakah kamu bisa tidak ikut dan membaca catatan rapatnya saja. Sebaliknya, jika kamu bertindak sebagai penyelenggara rapat kantor pastikan hanya mengundang orang-orang yang berkepentingan. Hal ini akan membantumu, rekan-rekan kerjamu, dan perusahan untuk menghemat waktu, usaha, dan uang (karena waktu adalah uang)—karena waktu yang biasanya digunakan untuk meeting bisa dipakai menyelesaikan pekerjaan dan proyek yang lebih mendesak.

Mencampur-aduk urusan pekerjaan dengan urusan pribadi

Sebuah studi menyatakan bahwa karyawan menghabiskan 25% waktunya untuk mengurusi hal-hal pribadi di tempat kerja dan mayoritas bos tidak mengetahui hal ini. Ketika kamu menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakan urusan pribadi saat jam kerja, pastinya pekerjaan dan proyekmu tidak akan selesai tepat waktu. Targetmu akan molor dan malahan kamu akan punya pekerjaan ekstra untuk dibawa pulang saat akhir pekan. Tidak mau, kan?

Media sosial

Tidak tahan ingin lihat ponsel untuk nge-Path, Facebook, Twitter, atau chatting? Sosmed memang menyenangkan tapi berpotensi menghabiskan banyak waktumu tanpa terasa. Coba, berapa banyak waktu habis untuk menyempurnakan caption foto selfie-mu sebelum dipos ke Path—belum lagi berapa banyak waktumu yang habis untuk selfie?

Kamu dapat meminimalisir waktu yang terbuang ini dengan memasang batas untuk mengakses media social diwaktu kerja Misalnya, beri waktu 15 menit untuk akses Twitter, pergunakan secara disiplin, kemudian log out, dan jangan cek apapun lagi. Akan butuh pengendalian diri yang luar biasa untuk melakukan hal ini, namun pada akhirnya kamu akan berpuas diri melihat komitmenmu berbuah indah.

Ngerumpi dikantor

Niat awal hanya ngobrol lima menit dengan teman sekantor, tapi lama-lama obrolannya jadi asyik dan menjalar-jalar sehingga tidak terasa sudah menghabiskan 30 menit atau lebih. Pasti pernah, kan? Tidak ada yang salah dengan bersosialisasi bersama rekan kerja, namun ketika rumpi pagi mulai menyita waktu dan mempengaruhi produktivitasmu, jelas kamu harus bertindak.

Beri batasan waktu mengobrol dan katakan pada temanmu bahwa kamu butuh waktu untuk fokus. Sumpal telingamu dengan earphone agar lebih fokus bekerja. Jika kamu malah terdistraksi dengan musik, cukup gunakan earphone tanpa menyalakan musik dan pura-pura tidak dengar jika ada yang mengajak ngobrol. Hal ini akan membuat teman-temanmu paham kamu sedang fokus dan jadi sungkan mengganggumu.

Hal kecil yang mengganggu

Hal-hal kecil, tidak penting, dan tidak terduga bisa menjadi distraksi besar tanpa kamu sadari. Contohnya, jendela kantor di samping tempat dudukmu mungkin menyegarkan mata, namun tingkah orang yang lewat di luar sana memengaruhi fokusmu terhadap pekerjaan. Jangan biarkan hal-hal tidak penting mengganggu produktivitasmu. Coba atur ulang penataan meja kerja supaya tidak mudah terganggu dan kamu bisa lebih fokus.

Kamu perlu menyadari bagaimana gangguan-gangguan ini memakan waktumu dan menghambatmu mengerjakan hal-hal penting. Fokus dan tekad yang kuat akan membantumu mengatasi hal ini sehingga tidak lagi mengganggu produktivitasmu. Selamat bekerja

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building