5 Pengusaha Asia Yang Berpengaruh di Dunia
Business

5 Pengusaha Asia Yang Berpengaruh di Dunia

24 November 2015 2252

5 Pengusaha Asia yang berpengaruh di dunia - Asia merupakan salah satu kawasan dengan luas terbesar dan juga populasi terbanyak di dunia. Dan kini Asia tercatat sebagai kawasan dengan kemampuan ekonomi yang tumbuh paling tinggi jika dibanding dengan benua lainnya.

Dilansir dari Business Insider, Sabtu (21/11/2015), mereka membuat ranking 50 orang-orang yang paling berpengaruh di dunia saat ini. Ternyata, 15 orang diantaranya berasal dari Asia.

Sebelumnya, Forbes telah mencatat 50 pebisnis paling kaya kawasan di Asia. Forbes menyeleksi kerajaan bisnis yang memiliki minimal kekayaan USD 2,9 miliar untuk bisa masuk dalam daftar.

Berikut ini adalah 5 pengusaha asal Asia yang berpengaruh di dunia saat ini:

1. Jiang Jianqing

Jiang Jianqing adalah direktur eksekutif bank komersial terbesar di dunia, Industrial and Commercial Bank of China (ICBC). ICBC saat ini memiliki aset sekitar USD 3,5 triliun.

Karir Jiang di ICBC bermula hanya sebagai kasir pada tahun 1984. Bahkan, sebelum bekerja ICBC, Jiang hanyalah seorang petani dan penambang di desa.

Di bawah kepemimpinan Jiang, ICBC sudah meraup keuntungan USD 45 miliar per tahunnya. Angka ini jauh dari pencapaian JPMorgan Chase milik Amerika.

2. Ka-Shing

Ka-Shing adalah salah satu orang paling kaya di Asia, dengan estimasi kekayaan mencapai USD 20,1 miliar atau setara dengan Rp 267 triliun. Ka-Shing merupakan salah satu orang pendukung Facebook, bahkan baru-baru ini perusahaannya yaitu Hutchison Whampoa membeli operator seluler terbesar kedua di Inggris, O2.

Ka-Shing berasal dari keluarga miskin yang menjadi korban peperangan China dengan Jepang pada tahun 1940 silam. Kala itu, Ka-Shing dan keluarga terpaksa pindah ke Hong Kong untuk menyelamatkan diri.

3. Jack Ma

Sepuluh tahun yang lalu, Jack Ma bukanlah orang penting apalagi orang kaya di China. Dia hanya pengangguran dengan prestasi pas-pasan ketika di bangku kuliahan. Namun siapa yang menyangka, jika Jack Ma kini dikenal sebagai pendiri Alibaba yaitu e-commerce terbesar di China yang jadi saingan ketat eBay asal Amerika.

Saat ini Jack Ma adalah orang nomor dua terkaya di China setelah Wang Jianlin. Kekayaan Ma ditaksir sebesar USD 25,6 miliar atau setara dengan Rp 350,5 triliun.

4. Wang Jianlin

Miliuner asal China, Wang Jianlin baru saja membeli World Triathlon Corporation yaitu perusahaan yang mengorganisasi kompetisi triathlon dunia dengan nilai USD 650 juta.

Dilansir dari CNN, World Triathlon adalah penyelenggara kompetisi triathlon Ironman, di mana dalam kompetisi bergengsi tersebut sejumlah atlet harus berenang, lari dan bersepeda selama 17 jam.

Wang sebelumnya sudah memiliki saham klub sepak bola Atletico Madrid. Setelah mengakuisisi World Triathlon, Dalian Wanda Group yang merupakan perusahaan Wang Jianlin bakal menjadi perusahaan olahraga terbesar dunia.

Wang Jianlin baru-baru ini menyalip miliuner Li Ka-Shing sebagai orang paling kaya di Asia. Menurut Hurun, lembaga pemeringkat kekayaan, kekayaan Wang Jianlin kini mencapai USD 42,6 miliar atau setara dengan Rp 583,3 triliun.

5. Robin Li

Pemilik perusahaan mesin pencari Baidu ini menjadi raja industri internet di Negeri tirai bambu bersama dengan Tencent dan Alibaba.

Diketahui saat ini Baidu juga sedang mengembangkan smart cars (mobil pintar) yang bisa berkendara sendiri. Diharapkan pada akhir tahun, mobil pintar buatan mereka sudah bisa diperkenalkan ke masyarakat.

Kekayaan Robin Li saat ini diprediksi mencapai USD 11 miliar atau setara dengan Rp 150,6 triliun.


Sumber: Merdeka.com

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building