Tren Perkantoran Yang Banyak Diminati Saat Ini
Business

Tren Perkantoran Yang Banyak Diminati Saat Ini

22 March 2017 800

Pasar properti di sektor perkantoran memiliki berbagai ragam pilihan. Meski yang selama ini lebih di kenal adalah perkantoran konvensional yang berada di sebuah gedung, rupanya mulai terjadi pergeseran tren secara perlahan.

Pasar perkantoran yang beberapa tahun lalu pernah mengalami masa kejayaan lantaran pertumbuhan bisnis didalam negeri, namun saat ini tingkat hunian kantor pun mulai mengalami penurunan. Hal itu dikarenakan banyak pelaku usaha kini memilih alternatif lain yang mereka anggap lebih menguntungkan.

"Bahwa ada satu aspek bisnis yang sedang berkembang ya, bagi bisnis startup seperti ini, mereka kantornya nggak harus di kawasan CBD (central business district). Karena perusahaan startup yang rata-rata anak muda mereka bisa dikatakan ngak suka kemapanan," jelas Anton Sitorus, Kepala Departemen Riset dan Konsultasi Savills Indonesia di Jakarta, bebrapa waktu lalu.

Karakteristik pelaku perusahaan startup yang demikian pun dinilai lebih cenderung memilih kantor yang lebih informal dan juga fleksibel. "Jadi mereka biasanya memilih ruang kantor macam co-working space, SOHO (kantor sekaligus tempat tinggal), kemudian ada lagi hot desking (ruang kantor tanpa sekat)," ujarnya.

Namun, di antara ketiganya, yang saat ini pertumbuhannya paling menonjol adalah co-working space. Karena mampu menawarkan fleksibilitas yang lebih baik dari segi harga serta jangka waktu penyewaan. Selain itu, SOHO juga mulai dilirik para pebisnis di Indonesia khususnya Jakarta.

"Yang lagi tren juga SOHO. Jadi tempat tinggal merangkap kantor ini juga sedang jadi tren. Mungkin (segmennya lebih menyasar) perusahaan jasa desain, pelukis atau profesional lainnya. Dan sekarang juga ada namanya hot desking. Banyak perusahaan demi efisiensi dan efektivitas mereka membuat sebagian ruang kantor menjadi hot desking," pungkasnya.

 

Sumber: Kompas.com

  • Share

Download Now

Subscribe to our Newsletter

Search Office By Building