Tren Coworking Space Kian Menggeser Ruang Kantor Konvensional
News

Tren Coworking Space Kian Menggeser Ruang Kantor Konvensional

13 November 2019 245

Maraknya tren coworking space saat ini tentu turut mempengaruhi perkembangan sewa kantor. Kemudian, bagaimana tingkat penyerapan perkantoran saat ini?

Menurut Head of Research & Consultany Savills Indonesia, Anton Sitorus menilai tingkat kekosongan perkantoran terbilang masih tinggi, yaitu sebesar 24% pada tahun lalu, naik dari 21,5 di tahun ini.

"Walau begitu tren penyerapannya sudah mulai meningkat atau rebound karena ditopang oleh permintaan untuk coworking space," kata Anton.

Penyerapan gedung perkantoran di area distrik bisnis pada tahun lalu tidak sampai 100 ribu meter persegi. Tetapi, saat ini penyerapannya mampu melebihi 100 ribu meter persegi. Adapun suplai gedung perkantoran masih tinggi. Tetapi, tingkat kekosongan gedung perkantoran yang paling tinggi terjadi pada grade A, yaitu hampir 33%.

Kekosongan juga terjadi pada gedung kelas premium yang mencapai 23%. Sementara tingkat kekosongan gedung perkantoran grade B dan C masih dibawah 20%. "Hal tersebut membuat harga sewa kantor masih tertahan atau dalam tekanan. Khususnya untuk kelas premium, penurunan harganya lumayan signifikan, hampir 25% dari tahun ke tahun. Sementara untuk grade A,B adn C mulai mereda," terang Anton.

Anton juga menambahkan, penyerapan gedung perkantoran memang naik. Tetapi, hal tersebut ditopang permintaan perkantoran dari operator Coworking space, seperti Gowork, Wework, Cohive, dan lainnya. Para operator tersebut mulai menyasar perusahaan startup hingga e-commerce. Bahkan, konsep coworking space mulai diminati oleh perusahaan konvensional.

"Perusahaan tersebut mulai nikmati coworking space karena mereka tidak perlu pusing perjanjian sewa dan lainnya karena sudah jadi tanggungan coworking space operator," tutur Anton.

Anton pun menambahkan, saat ini coworking space sudah mencapai lebih dari 270 unit. Mayoritas penggunanya adalah pekerja industri kreatif dan digital yang bisa bekerja hanya dengan komputer.

 

Sumber: www.sindonews.com

  • Share

Download Now

Dapatkan Pemberitahuan Dari Kami

Cari Kantor Dengan Gedung