Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Flu dan Batuk Pada Anak
Tips, Health & Lifestyle

Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Flu dan Batuk Pada Anak

30 November 2015 498

Di musim penghujan, penyakit langganan seperti flu dan batuk bisa saja mengganggu kesehatan anak Anda sewaktu-waktu. Bila sudah demikian, jangan lantas Anda buru-buru membawa anak Anda ke dokter. Pasalnya ada ramuan tradisional yang terbukti ampuh dapat meringankan dan mengobati flu serta batuk pada anak.


Ramuan Tradisional Sebagai Obat Flu dan Batuk Pada Anak:


1. Bawang Putih

Selain bumbu masakan, bawang putih adalah salah satu herbal yang dipercaya sejak lama bisa menyembuhkan flu dengan cara mengunyahnya. Kandungan allicin dan allion pada bawang putih terbukti mampu melawan virus yang menyebabkan flu. Untuk anak, irisan bawang putih bisa Anda tambahkan pada sup ayam hangat. Berikan irisan bawang putih untuk dimakan oleh si kecil.

2. Bawang Merah

Ketika si buah hati mengalami demam atau batuk, Anda bisa memberikan parutan bawang merah yang dibalurkan ke seluruh punggung, dada, dan perut anak sambil diurut dengan perlahan. Gas yang dikeluarkan bawang merah dapat mengurangi demam serta batuk pada anak. Anda juga bisa mengolesi parutan bawang merah yang telah dicampur dengan minyak telon pada bagian punggung dan leher anak untuk memberikan rasa hangat dan juga melegakan tenggorokannya.

3. Jahe

Bila anak Anda batuk, berikanlah air jahe hangat untuk meredakannya. Caranya sangatlah mudah, rebuslah beberapa potong jahe dengan menambahkan gula untuk memberikan rasa manis (lebih bagus gunakan gula aren/jawa). Air jahe yang hangat bisa meredakan batuk kering ataupun batuk berdahak. Rasa hangat air jahe akan membantu proses penyembuhan secara alami pada anak yang batuk. Ramuan tradisional ini bisa Anda berikan 1-2 sehari saat anak sakit.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang asam ternyata aman bila digunakan sebagai ramuan tradisional untuk anak yang menderita batuk berdahak. Resepnya pun mudah, buat campuran satu sendok teh perasan jeruk nipis dan ditambah dengan madu kemudian aduk dalam air hangat. Sebaiknya ramuan jeruk nipis diberikan setelah anak makan dan berikan sebanyak 2-3 kali sehari dengan takaran 1 atau 1/2 sdt.

5. Madu

Sudah tidak diragukan lagi khasiat dari madu untuk menjaga kesehatan anak. Nah, untuk mengobati flu dan batuk pada anak saat musim hujan seperti ini, Anda bisa memberikan satu sendok teh madu sebelum tidur. Madu dapat membantu anak tidur lebih nyenyak serta mempercepat proses penyembuhan batuk secara alami. Tapi harus di ingat, madu tidak disarankan untuk diberikan pada bayi di bawah usia satu tahun. Nah, Bunda, coba cek apakah di dapur sudah tersedia bahan-bahan ramuan tradisional yang bisa membantu proses penyembuhan flu dan batuk si kecil? (disadur dari laman www.fimela.com/accsoleh).

  • Share

Download Now

Dapatkan Pemberitahuan Dari Kami

Cari Kantor Dengan Gedung