Berkebun di Kantor? Kenapa Tidak, inilah Caranya
Tips, Health & Lifestyle

Berkebun di Kantor? Kenapa Tidak, inilah Caranya

16 March 2017 110

Berkebun tidak hanya bisa dilakukan di rumah atau pada lahan luas. Jika kamu mau, di kantor pun kamu bisa berkebun.

Tidak ada salahnya mencoba berkebun di kantor. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Norwegian University of Life Sciences pada tahun 2011, memiliki tanaman hijau di ruang kantor mampu meningkatkan produktivitas kerja seseorang.

Caranya pun relatif mudah. Jika kamu memiliki posisi tempat duduk yang ‘strategis’ tentu akan lebih menguntungkan, yaitu dekat dengan jendela yang terpapar sinar matahari dan ada sedikit space untuk menaruh pot-pot kecil.

Cukup dengan modal pot, media tanam dan bibit tanaman. Bisa juga kamu menggunakan benih, namun untuk efisiensi waktu serta perawatan, lebih disarankan memulai berkebun di kantor dengan bibit siap tanam.

Bibit siap tanam mudah didapatkan di toko-toko tanaman. Bibit siap tanam biasanya dijual satuan, sudah berupa tanaman muda di dalam wadah atau pot. Berbeda dengan benih yang dijual dalam satu kemasan yang masih berbentuk biji-bijian.

Sebaiknya pilih tanaman berupa daun-daunan, seperti sawi, bayam, selada. Tanaman seperti tomat atau tanaman menjalar seperti semangka tidak disarankan ditanam di kantor karena membutuhkan tongkat penunjang dan sinar matahari langsung.

Selain tanaman sayuran, kamu juga bisa menanam tanaman hias yang mudah perawatannya, seperti sirih gading atau kaktus hias. Kedua tanaman tersebut akan baik-baik saja meski kamu tinggal untuk tugas keluar kota selama satu pekan.

Langkah-langkah yang harus kamu lakukan ketika ingin berkebun di kantor:

Jika meja kamu dekat dengan jendela, susun pot berjajar di bagian bawah jendela kaca. Jika tidak memungkinkan dekat jendela, kamu bisa menaruh pot-pot di atas meja.

Supaya tidak terlalu sesak gunakan pot kecil sehingga tidak menghabiskan tempat. Kamu juga bisa menggantungkan pot di sisi samping meja menggunakan pengait.

Gunakan alas di bawah pot. Kamu bisa menggunakan wadah panjang seperti loyang atau piring plastik. Ini untuk mengantisipasi supaya area berkebun tetap terjaga kebersihannya.

Untuk perawatan kamu bisa mengairinya menggunakan semprotan air. Praktis, di sela-sela waktu bekerja pun sembari duduk kamu bisa memberi asupan air untuk tanaman-tanaman tersebut.

Selalu sediakan gunting khusus untuk memotong-tanaman-tanaman yang menguning. Pemupukan bisa dilakukan satu minggu-sebulan sekali.

 

Sumber: liputan6.com

  • Share
food and place promo blog
balkonie
promotion
interior design
ipapa moving service
sewa mobil
ads

Download Now

Dapatkan Pemberitahuan Dari Kami

Cari Kantor Dengan Gedung