4 Tips Menghadapi Rasa Kantuk Selama Puasa di Kantor
Tips, Health & Lifestyle

4 Tips Menghadapi Rasa Kantuk Selama Puasa di Kantor

15 May 2018 179

Bulan ramadhan segera tiba. Walau bulan puasa, bukan berarti Anda jadi malas-malasan dalam bekerja. Tapi terkadang rasa kantuk datang saat siang hari, dimana jam-jam sibuk Anda dengan pekerjaan kantor. Akan menjadi tidak karuan, ketika perut kosong di tambah kurang tidur karena bangun dini hari untuk sahur.

Sebenarnya, rasa ngantuk terjadi karena ritme sirkadian (circadian rhythm) sebuah proses fisiologis yang mengatur aktivitas bangun-tidur berada di titik rendah sekitar jam makan siang, terlebih Anda harus bangun dini hari untuk makan sahur.

Simak tips menghindari rasa kantuk di kantor ketika siang saat bulan puasa:

Olahraga kecil

Aktivitas fisik ringan seperti stretching dan jalan-jalan pun bisa memperlancar aliran darah dan meningkatkan asupan oksigen ke otot sehingga Anda merasa lebih enerjik. Saat istirahat siang, jangan duduk saja. Ayo bergerak sebelum rasa kantuk datang.

Minum air secukupnya saat sahur

Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa menyebabkan rasa lemas dan juga mempengaruhi konsentrasi. Pastikan Anda minum banyak air putih di malam hari sebelum waktu imsak tiba.

Sedikit tidur siang tidak apa-apa

Riset membuktikan, tidur siang singkat selama 10 hingga 20 menit membantu otak melepas beban serta meningkatkan produktivitas seseorang. Dan, Anda akan merasa lebih segar dan recharged setelahnya.

Dengarkan musik sambil bekerja

Selain menjaga agar Anda tidak terkantuk-kantuk, mendengarkan musik juga bisa meningkatkan produktivitas kerja. Bagi beberapa individu, musik bahkan bisa menstimulasi kreativitas dan membantu mereka berkonsentrasi. Agar tidak mengganggu rekan kerja, gunakan earphone untuk mendegarkan musik favorit. Dan harus diingat, dengarkan musik dengan volume kecil atau sedang saja dan sesekali lepas earphone untuk mengistirahatkan telinga. (FHM)

  • Share

Download Now

订阅我们的新闻

通過建設辦公室搜索