Coworking Space: Apakah Sudah Nyaman dan Produktif?
Property

Coworking Space: Apakah Sudah Nyaman dan Produktif?

29 November 2019 268

Saat ini banyak freelancer, startup hingga perusahaan besar beralih menggunakan coworking space ketimbang kantor konvensional untuk berinovasi dan mendorong produktivitas. Akibatnya, ruang kerja bersama menjadi tren yang paling cepat berkembang selama satu dekade terakhir.

Tetapi apakah coworking space benar-benar terbukti bisa membantu peningkatan produktivitas?

Di Indonesia sendiri, terjadi perubahan yang signifikan bagi perusahaan yang menerapkan sistem kerja remote atau perusahaan yang menggunakan coworking space. Salah satunya, meningkatnya produktivitas karyawan hingga 98 persen dan daya saing positif mencapai 97 persen.

Hal itulah yang dikembangkan Spaces, coworking space dari Belanda yang terbentuk di tahun 2006 oleh Martijn Roordink. Margot Van Der Poel, Brand Manager Spaces untuk kawasan Asia Pasifik, menjelaskan bahwa Spaces berdiri didasari atas rasa keingintahuan tentang bagaimana menciptakan tingkat produktivitas pekerja yang lebih baik dengan desain layaknya rumah. Para penggunanya dapat berdiskusi seperti teman, dan keluarga.

Spaces yang mencoba peruntungan di Indonesia awal tahun ini didesain dalam satu ruang terbuka besar dengan desain yang menarik, dan terdapat meja depan yang luas untuk menyambut tamu. Spaces juga hadir dengan ide konsep coffee bar, dimana orang akan bertemu satu sama lain.

"Jika kita sedang memesan secangkir kopi dan menunggu kopi disajikan, saat itulah kita mulai berbincang dengan orang lain di kantor, bahkan berbicara dengan barista karena kita bertemu setiap hari," ucap Margot.

Tambahnya, "Jadi, kami benar-benar melihat Spaces dari perspektif hospitality dan perspektif desain yang akan mendorong interaksi sosial serta lingkungan kerja yang menyenangkan."

Spaces Indonesia sendiri memiliki 330 workstations yang bisa menampung hingga 100 orang di membership lounge. Beberapa waktu lalu, Spaces baru saja mengadakan sebuah event bersama TEDxJakarta. Setidaknya hadir kurang lebih seratus orang di dalam satu ruangan kolaborasi.

 

Sumber: www.wartaekonomi.co.id

  • Share

Download Now

订阅我们的新闻

通過建設辦公室搜索